Thursday 29 June 2017

Cara Mengamankan Akun Sosial Media Dari Serangan Cracker

Hai semua kali ini admin akan berbagi tips untuk kalian semua mengenai cara mengaman akun sosial media kita agar terlindungi dari serangan cracker.
Tapi sebelumnya admin akan menjelaskan apa sih cracker itu ?
dan apa bedanya dengan hacker ?




untuk kalian tau Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan.

Sedangkan Hacker adalah Seorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer atau jaringan komputer, sehingga menjadi orang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem, komputer atau jaringan komputer. 
Di Indonesia sendiri Istilah hacker yang sering kita salah artikan mengenai hal-hal yang merusak/ hack seperti hack facebook, hack email, hack jaringan dll. Tetapi sebetulnya Hacking adalah Ilmu seni, seni keamanan jaringan komputer, tidak semua hacker itu jahat ada juga yang baik.

Intinya Hacker dan Cracker sangat berbeda yah teman semoga tidak salah paham lagi tentang istilah hacker dan cracker.

Okeh untuk cara mengamankan akun sosial media kita dari serangan para cracker. Admin akan memberikan beberapa tips untuk kalian jadi simak baik baik yah :

  1. Pertama gunakan lah password yang mengandungkan Huruf , Angka dan Simbol karena akan lebih susah untuk di jebol atau di tebak oleh cracker.
  2. Kedua pelajari dan gunakan setiap fitur keamanan yang diberikan oleh penyedia sosial media kita contoh : otentikasi dua faktor.
  3. Ketiga jangan menggunakan password yg menggunakan nama sendiri , hobby , nama hewan sendiri , tanggal lahir , atau hal hal yang berhubungan dengan hidup kalian. Karena Cracker bisa menggunakan metode Social Engginer untuk membobol password akun sosial media anda.
  4. Keempat jangan sekali kali menggunakan password yang sama untuk setiap akun sosial media kalian karena jika 1 akun sosial media kalian berhasil di hack oleh cracker maka besar kemungkinan akun kalian yang lain juga di hack oleh cracker tersebut.
  5. Kelima selalu ganti password kalian setiap beberapa bulan sekali.
  6. Keenam tambah nomor telepon kalian sebagai opsi pemulihan.

Kesimpulan 

Janganlah meremehkan fitur fitur  keamanan di sosial media karena itu berguna untuk mengamankan akun kita dari tindakan hacking oleh cracker. Banyak pesan atau file yang ada di akun sosial media yang bersifat privat untuk kita tapi jika akun kita telah di hack maka besar kemungkinan data itu akan tersebar di internet, kita pas tidak ingin sampai terjadi seperti itu maka mengamankan akun sosial media adalah tindakan yang sangat penting untuk dilakukan. mungkin artikel ini terlihat membosankan, tapi di artikel ini sangat berguna untuk menjaga akun sosial media anda menjadi lebih aman.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post